Studi: Olahraga Menjaga Kesehatan Otak dan Cegah Alzheimer

Setiap orang pasti ingin memiliki otak yang sehat dan jauh dari risiko alzheimer atau pikun. Sementara itu, untuk mencegah alzheimer sendiri bisa dilakukan dengan berbagai hal atau cara. Jika sebelumnya disebutkan bahwa yoga dan berkebun bisa bantu cegah alzheimer, kali ini studi baru menemukan bahwa olahraga mulai dari olahraga ringan jalan kaki hingga olahraga yang cukup berat yakni gym bisa bantu mencegah alzheimer pula.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi semakin bugar dan sehat. Lebih jauh, olahraga juga dipercaya bisa membuat otak makin sehat, makin tenang, makin cerdas dan nggak gampang lupa. Para ahli mengungkapkan bahwa olahraga secara teratur bisa membuat seseorang memiliki otak yang lebih besar, sehat dan kemampuan berpikir yang mengesankan.

Otak yang sehat ini nantinya juga akan berpengaruh pada suasana hati. Dikatakan, ketika seseorang memiliki otak yang sehat, kemungkinan besar ia pun akan menjadi pribadi yang sabar, penuh percaya diri dan tenang. Temuan baru yang dipublikasikan di Neurolmage Journal disebutkan bahwa dengan olahraga bisa saja fisik seseorang akan menjadi lebih sehat. Ketika fisik sehat, hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan otak dan suasana hati yang tenang serta menyenangkan.

Penelitian lain yang dilakukan para ahli di Kentucky University ditemukan bahwa olahraga rutin bisa membuat detak jantung dan paru-paru bekerja dengan baik serta mengesankan. Olahraga juga memungkinkan peredaran darah ke otak semakin baik dan terjaga. Jika sudah begini, tidak diragukan lagi bahwa olahraga bisa membuat tubuh dan otak seseorang menjadi semakin sehat. Tidak diragukan pula bahwa olahraga juga akan bantu seseorang terhindar dari masalah alzheimer atau pikun.

Para ilmuwan mengatakan, “Kamu mengamati hubungan positif antara olahraga atau kebugaran dengan kesehatan otak. Kami menemukan bahwa tubuh yang bugar karena olahraga teratur akan bantu seseorang memiliki otak yang sehat, tidak mudah pikun dan kemampuan berpikir yang lebih baik. Jika kita ingin memiliki otak sehat dan tidak mudah pikun, sangat penting bagi kita untuk melakukan olahraga rutin. Tentunya, hal ini harus diimbangi pula dengan konsumsi nutrisi yang sehat dan pola hidup yang sehat.”

Linda Clare, seorang profesor psikologi klinis penuaan dan demensia di Universitas Exeter sekaligus Dewan Global Kesehatan Otak, kepada The Sunday Time mengatakan bahwa, “Intensitas gerak tubuh atau aktivitas aerobik juga olahraga seperti jalan kaki, jalan cepat, bersepeda atau senam berpengaruh besar terhadap struktur otak, regenerasi sel otak dan pencegahan risiko alzheimer.”

So, jika kamu ingin memiliki otak yang sehat, tenang, kemampuan mengingat yang mengesankan dan terhindar dari risiko alzheimer, jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga. Pada dasarnya, olahraga tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, hal ini juga akan bantu kamu menurunkan risiko alzheimer. Tapi ingat, olahraga saja tak menjamin risiko alzheimer bisa dicegah. Lebih jauh, hal lain harus didukung juga dari segi pola hidup sehat dan pola makan sehat.

(Sumber : vemale.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *