Pelatikan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul

Gunungkidul resmi memiliki pemimpin baru. Badingah-Immawan Wahyudi kembali memimpin Gunungkidul. Badingah-Immawan Wahyudi dilantik Gubernur DIY atas nama Presiden RI di Bangsal Kepatihan.

Badingah-Immawan Wahyudi menjabat untuk periode 2016-2020. Dalam sambutannya, Gubernur DIY Hamengku Buwono (HB) X mengingatkan, meski dalam Pilkada diusung partai politik, tapi saat menjabat harus melepaskan atribut partai. Supaya dalam melaksanakan tugas benar-benar berada di atas semua golongan. ”Sehingga pikiran dan tindakan hanya demi kepentingan seluruh rakyat,” ujar HB X.

HB X mengingatkan, pemerintah kabupaten (pemkab) juga harus mengikuti visi dan kebijakan pemerintah. Ditambah lagi dengan status Keistimewaan DIY, yang menurut HB X, secara lex specialis mengukuhkan koordinasi kebijakan Pemprov DIY dan pemkab.

”Koordinasi dan sinergi bukan berorientasi kekuasaan, tapi mengarah pada keterpaduan program,” ingatnya.

Raja Keraton Jogja tersebut mengatakan, Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu menghasilkan pemimpin daerah yang memiliki legitimasi kuat. Sehingga memiliki pertanggungjawaban dan akuntabilitas publik. ”Pilkada secara esensial akan mendukung demokratisasi lokal melalui partisipasi proaktif masyarakat,” ungkapnya.

Sumber : tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *