BUKU KIA UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

Pemerintah melalui SK Menkes No 284/Menkes/SK/III/2004 menetapkan tentang buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sebagai alat pencatatan pelayanan kesehatan ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan dan selama nifas hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, termasuk pelayanan KB, imunisasi, gizi dan tumbuh kembang anak.

Buku KIA mempunyai beberapa manfaat yaitu untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, memegang peranan penting sebagai alat pencatatan Kesehatan Ibu dan Anak di tingkat rumah tangga yang lengkap. Selanjutnya memuat keseluruhan kondisi dan status kesehatan pada kehamilan  hingga anak berusia 5 tahun, sebagai bahan informasi dan pedoman penting bagi keluarga/ ibu, kader dan petugas kesehatan,  serta untuk memelihara kesehatan ibu selama hamil sampai melahirkan, perawatan kesehatan yang memadai bagi bayi dan balita sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

2 thoughts on “BUKU KIA UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK

  • March 10, 2014 at 10:48 pm
    Permalink

    Thanks.. Posting terus Ya.. Artikel-nya, Saya suka membacanya. Info Penting nih.. sebelum terkena kenali dulu sakitnya dan tanda-tanda atau gejala penyakit hati atau lever, atau yang biasa disebut juga sakit kuning. Atasi dengan mengkonsumsi herbal Lecithin Softgel

    Reply
  • November 27, 2014 at 4:34 pm
    Permalink

    Wah ini buku yang dibawa ibu hamil periksa itu ya, bermanfaat sekali apalagi sampai anak usia 5 tahun. Kesehatan ibu dan anak jadi termpantau.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *