• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

PERSIAPAN KLINIK GERIATRI, UNIT PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT (UPKRS) LAKUKAN EDUKASI KESEHATAN DENGAN KOMUNITAS LANSIA WONOSARI


Geriatri adalah pasien lanjut usia dengan multi penyakit / gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, social ,ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara terpadu dengan pendekatan multi disiplin yang bekerja sama secara inter disiplin. Dengan meningkatnya social ekonomi dan pelayanan kesehatan maka usia harapan hidup semakin meningkat, sehingga secara demografi terjadi peningkatan populasi lanjut usia. Sehubungan dengan itu RSUD Wonosari  perlu menyelenggarakan pelayanan geriatric sesuai dengan tingkat jenis pelayanan geriatri . Hal itu akan diwujudkan melalui rencana pendirian Klinik Geriatri di awal tahun ini.

Penyakit -penyakit pada usia lanjut cenderung bersifat multiple (beberapa penyakit bersama-sama), merupakan gabungan antara penurunan fungsi-fungsi organ dan berbagai proses penyakit, sehingga penyakit biasanya terjadi secara menyelinap / tidak khas. Pada pasien usia lanjut juga sering didapati penyakit akibat interaksi banyak obat yang dikonsumsi dan kerentanan terhadap berbagai penyakit infeksi akut yang meningkat serta sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor psikis dan sosial ekonomi.

Pemecahan masalah dilaksanakan dengan melaksanakan upaya-upaya kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif pada semua tingkat pelayanan kesehatan di masyarakat. Di rumah sakit dilaksanakan pengembangan pelayanan bagi usia lanjut.  Geriatri (dari kata Geros = tua, iatrea = merumat) disebut juga sebagai  ilmu kesehatan usia lanjut. Ilmu ini  adalah bagian  dari ilmu penyakit dalam yang mempelajari aspek-aspek pencegahan, peningkatan, pengobatan, pemulihan serta aspek sosial dan psikologis dari penyakit-penyakit pada usia lanjut.


Salah satu sasaran edukasi kesehatan Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) sesuai Permenkes Nomor 44 Tahun 2018 adalah masyarakat sekitar rumah sakit. Salah satu komunitas masyarakat di Wonosari adalah komunitas Lansia binaan Bidang Yanmed dan Keperawatan. Komunitas lansia ini selalu mengikuti senam sehat pada hari Jumat pagi minggu pertama dan minggu ketiga dan dilanjutkan edukasi kesehatan kepada mereka di  Aula Wijaya Kusuma RSUD Wonosari. 

Edukasi kesehatan kepada para lansia   ini   seiring sejalan dengan persiapan pendirian Klinik Geriatri di Poliklinik terpadu RSUD Wonosari. 
Kali ini Jumat (1/2) topik edukasi adalah seputar Pelayanan Medis di Instalasi Gawat Darurat  yang disampaikan oleh dr. Dyah Herawati, M.Kes , seorang dokter umum senior di IGD.  Dokter yang sudah berpengalaman ini menyampaikan tentang penyakit yang termasuk kategori gawat darurat. Beliau juga menyampaikan perbedaan layanan di poliklinik dan IGD. 

Acara berlangsung meriah ketika dijelaskan tentang gawat darurat akibat kecelakaan tunggal dan akibat kecelakaan ganda. Acara berlangsung satu jam dan diisi dengan pertanyaan para lansia.

(pkrs)

  • By admin
  • 01 Februari 2019
  • 17

Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru


PELATIHAN 5 WAJIB BAGI PEGAWAI BARU BLUD

Setiap karyawan baru di RSUD Wonosari baik PNS maupun pegawai…

PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT BERKOLABORASI DENGAN MAHASISWA PKL DALAM MEMBERI EDUKASI KESEHATAN PENGUNJUNG RUMAH SAKIT

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan permasalahan kesehatan semakin kompleks…

JUMAT BERKAH FOODBOX RSUD WONOSARI PENUH DENGAN SEDEKAH MAKANAN

Hari ini Jumat (15/04/2019) , Foodbox RSUD Wonosari mendapat sedekah…

RSUD WONOSARI MENDAPATKAN BIMBINGAN AKREDITASI SNARS EDISI 1 DARI TIM KOMISI AKREDITASI RUMAH SAKIT (TIM KARS)

Standart Nasional Akreditasi Rumah Sakit  (SNARS) Edisi 1 tahun 2017…

PERSIAPAN KLINIK GERIATRI, UPKRS LAKUKAN EDUKASI KESEHATAN TENTANG 'DEMENTIA"

Sabtu (30/3) Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) melakukan edukasi…