• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

RSUD WONOSARI MILIKI TOILET KHUSUS DISABILITAS


Saat ini toliet menjadi kebutuhan yang pokok bagi masyarakat. Apalagi di tempat-tempat pelayanan publik, toliet sangat penting bagi pengunjung. Tak terkecuali sebuah rumah sakit, toilet menjadi sarana prasarana yang penting .Kebutuhan toilet tidak hanya  bagi masyarakat umum tetapi bagi penyandang disabilitas juga sangat diperlukan di rumah sakit. RSUD Wonosari saat ini sudah memiliki toilet khusus bagi penyandang Disabilitas. 

Apa sih dasar hukumnya? Berikut penjelsan singkatnya.

Dalam rangka melaksanakan kewajiban pemenuhan negara, dalam hal ini pemerintah dan pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk melakukan perencanaan, penyelenggaraan hingga mengevaluasi pelaksanaan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas. Selengkapnya Pasal 27 ayat (1) UU Penyandang Disabilitas menyatakan sebagai berikut:

Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib melakukan perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi tentang pelaksanaan Penghormatan, Pelindungan dan Pemenuhan hak Penyandang Disabilitas.

UU Penyandang Disabilitas telah menguraikan apa saja yang menjadi hak-hak yang mereka miliki dan harus dipenuhi, salah satunya menurut Pasal 5 ayat (1) huruf m UU Penyandang Disabilitas yakni hak atas aksesibilitas. Aksesibilitas dalam ketentuan undang-undang tersebut berarti kemudahan yang disediakan untuk penyandang disabilitas guna mewujudkan kesamaan kesempatan.

 Aksesibiltas yang dimaksud menurut Pasal 9 CRPD (Convention on the Rights of Person with Disabilitas ) adalah menjamin akses bagi penyandang disabilitas, atas dasar kesamaan dengan warga lainnya, terhadap lingkungan fisik, transportasi, informasi, dan komunikasi, termasuk sistem serta teknologi informasi dan komunikasi, serta akses terhadap fasilitas dan jasa pelayanan lain yang terbuka atau tersedia untuk publik, baik di daerah perkotaan maupun perdesaan.

(UPKRS)

  • By admin
  • 09 Oktober 2019
  • 17

Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru


EDUKASI TENTANG PIJAT BAYI DI RUANG DAHLIA 2

RSUD Wonosari terus berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada pasien…

EDUKASI TENTANG ANEMIA DAN HIPERTENSI KEPADA CALON JEMAAH HAJI

Sebagaimana data dari Tim Kesehatan Haji Dinkes Kabupaten Gunungkidul  bahwa…

CEK KESEHATAN CALON JEMAAH HAJI DI AULA AMARYLIS RSUD WONOSARI

Hari ini, Senin (14/10) dilakukan pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji …

IKATAN DOKTER ANAK (IDAI) YOGYAKARTA ROADSHOW PENGABDIAN MASYARAKAT DI RSUD WONOSARI

Salah satu program kegiatan Ikatan Dokter Anak (IDAI) Propinsi DIY…

FLASHBACK POTRET SEHAT INDONESIA DARI RISET KESEHATAN DASAR 2018

Bapak ibu pembaca Website RSUD Wonosari yang kami hormati. Redaksi…