• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

RSUD WONOSARI ADAKAN SIARAN RADIO "MENGELOLA DAMPAK PSYKOLOGIS PANDEMI COVID - 19"


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Gunungkidul. Dampak yang paling kentara adalah dampak ekonomi, akan tetapi sesungguhnyalah masih banyak dampak lain  yang muncul . Salah satu dampak yang kurang menjadi perhatian masyarakat adalah dampak Psikologis, padahal dampak psykologis akan berimbas pada dampak penyakit Fisik. 

Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Gunungkidul tentang pencegahan dampak psikologis, RSUD Wonosari Jumat kemarin (15/05) mengadakan siaran radio berbentuk 'Talk Show" dengan narasumber dr. Ida Rochmawati,Sp.KJ (dokter ahli jiwa) di radio Swara Dhaksinarga Gunungkidul.. Pada siaran tersebut  dijelaskan tentang definisi cemas, dan akibat dari cemas sebagai gangguan. Cemas adalah reaksi yang normal pada saat ada bencana atau wabah, yang menjadi masalah adalah ketika cemas diikuti ketegangan motorik,  hiperaktivitas syaraf otonom dan atau ketegangan kognitif. Oleh karena itu menurut dr. Ida Optimalisasi Zona Nyaman wajib dilakukan . 

Optimalisasi zona nyaman meliputi tempat yang nyaman, benda yang nyaman  dan orang yang nyaman. Artinya untuk mencegah cemas sebagai gangguan maka seseorang harus:

1. Milikilah tempat yang nyaman di rumah. Tempat ini bisa menjadi tempat favorit anda, yaitu pada saat anda berada di tempat itu, maka kenyamanan akan tercipta. Misalnya sofa di depan televisi atau pojok rumah yang ada kursi goyang sambil membaca. Setiap orang harus memiliki tempat-tempat yang nyaman di rumah.

2. Milikilah benda yang menyamankan. Misalnya buku. Orang yang mengalami kecemasan kemudian dia membaca buku-buku psikologis dan cemasnya hilang. Maka buku adalah benda yang membuat seseorang enjadi nyaman. 

3. Nyaman dengan orang. Artinya ketika bertemu dengan seseorang  ia menjadi nyaman. Jadi orang itu menyamankan bagi yang gelisah. Orang disini bukan banyak orang tetapi satu orang yang membuat nyaman. 

Acara berlangsung dari pukul 13.00 sd 14.00 WIB . Acara juga berisi interaktif dengan pendengar radio Swara Dhaksinarga. Semoga acara ini memberi manfaat bagi masyarakat Gunungkidul.

(UPKRS, 2020)

  • By admin
  • 16 Mei 2020
  • 17

Berita Terbaru


Aktivitas Warga Meningkat Jelang Idul Fitri, Protokol Kesehatan Harus Dipatuhi

Aktivitas masyarakat di luar rumah jelang Idul Fitri pasti meningkat.…

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BERI BANTUAN APD

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan bantuan APD (Alat Pelindung…

PEMERINTAH AJAK BERDAMAI DENGAN COVID-19

Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan masyarakat harus berdamai…

RAPAT PERSIAPAN RUANG BAKUNG SEBAGAI RUANG PERAWATAN COVID-19

Sebagai salah satu rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul dan…