• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

REVIEW MEETING SIBI TINGKAT NASIONAL DI NOVOTEL SEMARANG 6 sd 8 NOVEMBER 2019


Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia.

Sesuai dengan namanya, ISPA akan menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. Kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus, sehingga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus dan antibiotik. Walaupun demikian, seseorang perlu waspada dan mengetahui kapan saatnya perlu berkonsultasi dengan dokter, serta cara mencegah penyakit ini.

SIBI atau Surveylans ISPA Berat Indonesia  terus dilakukan terutama di RSUD Wonosari kabupaten Gunungkidul. SIBI di wilayah Yogyakarta dilakukan bersama-sama antara rumah sakit,  Dinkes Propinsi dan Dinkes Kabupaten/kota.
Acara koordinasi SIBI tingkat nasional diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 6 s/d 8 November 2019 di Hotel Novotel Semarang. Pertemuan tingkat nasional ini untuk mengetahui permasalahan tingkat daerah sehingga dapat dibuat sebuah program/kegiatan tingkat nasional.

Acara diikuti oleh pengelola SIBI di tiap rumah sakit kabupaten/kota /propinsi. Acara berlangsung dengan berisi transfer knowledge dan mencari masalah yang terjadi di lapangan sehingga benar-benar dapat mengetahui permasalahan yang terjadi. Harapannya pada tahun-tahun ke depan mampu mengurangi kasus ISPA secara progresif. 

(UPKRS)

  • By admin
  • 07 November 2019
  • 17