• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

RAPAT PERSIAPAN RUANG BAKUNG SEBAGAI RUANG PERAWATAN COVID-19


Sebagai salah satu rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul dan melihat meningkatnya grafik pasien ODP,PDP dan OTG di Puskesmas, maka  RSUD Wonosari menyiapkan ruang bakung sebagai ruang perawatan covid-19 yang baru.  Sebelumnya ruang perawatan hanya terfokus di ruang mawar. 

Untuk memberikan pengetahuan tentang perawatan medis bagi perawat bakung , maka hari ini Senin (18/05) diadakan pertemuan dengan narasumber dari PPI  , case manajer dan dokter spesialis paru. Acara berlangsung di ruang bakung dengan diikuti seluruh perawat bakung sejumlah 14 orang.  Materi utama adalah Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI)  yang disampaikan oleh Afilia Kusumaningrum, S.Kep  dan Amirudin, S.Kep. Berbagai pengalaman dan pengetahuan  di ruang mawar ditransferkan ke perawat bakung. 

Selanjutnya dr. Wisnu Kuncoro Murti,Sp.P juga memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang penanganan medis, pengobatan dan tata cara visite ke pasien Covid-19. Dokter Wisnu bersama kepala ruang Bakung memeriksa ruang demi ruang untuk melihat ventilasi . Ventilasi sangat penting agar virus tidak terkumpul di ruangan perawatan saja sehingga terjadi percepatan kesembuhan pasien . 

Sebagai informasi RSUD Wonosari dalam merawat pasien covid , rata-rata hanya selama 10 hari, jauh lebih cepat dibandingkan dengan beberapa rumah sakit di kota Yogyakarta. Menurut dokter Wisnu di dua rumah sakit Yogya yang juga menjadi rujukan Covid, lama perawatan sekitar 20 sampai 30 hari. Belum ada penelitian yang dapat dijadikan evident base mengapa lama perawatan pasien Covid di RSUD Wonosari lebih pendek, akan tetapi menurut dokter spesialis paru itu,  hal itu dapat dianalisa dengan dua faktor. Faktor yang pertama faktor suhu/panas ruangan dan faktor kedua adalah ventilasi/ ber AC atau tidak. 

Suhu di kabupaten Gunungkidul cukup tinggi dan ruang perawatan pasien covid-19 tidak diberikan AC. Dua hal itu yang dapat dijadikan argumen sementara pasien covid-19 di RSUD lebih cepat sembuh. 

Semoga dengan acara ini,  ruang bakung segera siap menjadi ruang perawatan covid-19  yang baru,  sehingga kabupaten Gunungkidul dapat munurunkan grafik covid-19. Semoga ....

          

                                      

(UPKRS, 2020)

  • By admin
  • 18 Mei 2020
  • 17

Berita Terbaru


Aktivitas Warga Meningkat Jelang Idul Fitri, Protokol Kesehatan Harus Dipatuhi

Aktivitas masyarakat di luar rumah jelang Idul Fitri pasti meningkat.…

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BERI BANTUAN APD

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan bantuan APD (Alat Pelindung…

PEMERINTAH AJAK BERDAMAI DENGAN COVID-19

Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan masyarakat harus berdamai…

RAPAT PERSIAPAN RUANG BAKUNG SEBAGAI RUANG PERAWATAN COVID-19

Sebagai salah satu rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul dan…