• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

PERSI : RUMAH SAKIT TELAH ANTISIPASI LARANGAN ALKES BERMERKURI


 

          Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) akan mendata ulang rumah sakit (RS) yang masih menggunakan alkes bermerkuri. Hal ini terkait larangan penggunaan dan pengadaan alat kesehatan (alkes) bermerkuri di seluruh fasilitas layanan kesehatan mulai akhir 2020. Larangan itu berlaku untuk RS, puskesmas, klinik, laboratorium, apotek, hingga unit transfusi darah. Sekretaris Jenderal PERSI, dr.Lia G. Partakusuma, SpPK(K), MM, MARS mengakui, masih ada RS, khususnya di daerah yang menggunakan dan menunggu penggantian alkes nonmerkuri.

"Kami sebenarnya telah mengantisipasi larangan penggunaan alat kesehatan bermerkuri sejak terbitnya surat edaran Kemenkes pada 2018 sehingga pengadaan atau pembelian alkes bermerkuri juga telah berupaya disetop," ujar Lia.

          Lia memaparkan, RS telah mengganti penggunaan termo-meter air raksa dengan termometer digital, termometer alkohol, atau galinstan. Lalu, alat pengukur tekanan darah air raksa yang bisa digantikan dengan anaroid, atau pengukur tekanan darah elekronik. Begitu pula dentalamalgama untuk menambal ( gigi) digantikan dengan composite resin, porcelain, atau glass ionomer. Alat-alat kesehatan bermerkuri, kata Lia, yang sudah tidak digunakan masih disimpan oleh RS di tempat penampungan sementara. Langkah itu dilakukan karena meskipun Kementerian Kesehatan sudah menginstruksikan penarikan alkes bermerkuri, tata cara pengumpulan dan distribusi alat-alat kesehatan tersebut belum diatur teknisnya. (Sumber : IZn-persi.or.id)

 

  • By admin
  • 12 Agustus 2019
  • 17

Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru


RSUD WONOSARI AKAN ADAKAN FAMILY GATHERING

Gathering merupakan program kegiatan kumpul bersama ,  untuk rumah sakit/organisasi  dapat berupa  family…

APEL PAGI SENIN KETIGA RSUD WONOSARI

Apel pagi hari ini Senin (19/8) , direktur RSUD Wonosari…

NASKAH LENGKAP PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN , 16 AGUSTUS 2019

Berikut ini naskah lengkap pidato kenegaran Presiden Republik Indonesia  pada…

KEGIATAN SENAM LANSIA DAN EDUKASI "FAKTOR RESIKO STROKE"

Berikut isi edukasi oleh dr. Agustinus Purwanto,Sp.S di Aula Amarylis…