• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

PENTINGNYA AJARI ETIKA BATUK PADA ANAK


“Dokter, anak saya batuk-batuk sejak 3 hari ini. Memang sih, Kakak dan Ayahnya sedang batuk. Bagaimana ya Dok….?”

Di musim penghujan ini, insidens infeksi saluran respiratori akut pada anak semakin meningkat. Sebuah penelitian pada tahun 2006 mengemukakan, insidens infeksi saluran respiratori akut, misalnya selesma, sinusitis hinga pneumonia atau radang paru, meningkat hingga 2 kali lipat pada musim hujan. Tak heran, keluhan batuk pilek pada anak sering sekali dikeluhkan oleh orangtua saat kunjungan ke dokter spesialis anak.

Berbagai penyakit infeksi saluran respiratori akut mudah sekali menular lewat udara, terutama melalui batuk atau bersin. Padahal, batuk atau bersin merupakan gejala utama infeksi saluran respiratori akut yang hampir selalu dijumpai pada anak. Batuk atau bersin mengandung  droplet nuclei (percik renik) yang mengandung virus atau bakteri apabila dikeluarkan oleh anak atau dewasa yang sedang sakit infeksi saluran respiratori. Pada saat batuk, terdapat aliran udara berkecapatan tinggi dari saluran respiratori sehingga percik renik tersebut dapat tersebar cukup jauh mencapai jarak beberapa meter. Apabila terhirup oleh orang lain, virus atau bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada orang lain tersebut. Oleh karena itu, etika batuk yang benar penting sekali dilakukan dan diajarkan pada anak.

Bagaimana cara batuk yang benar? Lakukanlah batuk sesuai dengan etika yang baik sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Tujuannya adalah supaya penyebaran percik renik yang mengandung virus atau bakteri tersebut dapat dibatasi. Nah, berikut adalah etika batuk yang benar…..

  • Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan atau lengan baju, dan jika memungkingan dengan tissue.
  • Buang tissue di tempat sampah, jangan di sembarang tempat.
  • Jika menutup batuk atau bersin menggunakan telapak tangan, setelahnya cuci tangan menggunakan air dan sabun, atau hand sanitizer

Melakukan dan mengajarkan untuk melakukan batuk atau bersin dengan etika yang benar dapat mencegah penularan berbagai penyakit infeksi saluran respiratori. Akibatnya, penularan penyakit infeksi saluran napas dihindari. Maka, Ayah dan Bunda….jangan lupa contohkan etika batuk yang benar, dan ajarkan etika batuk yang benar pada anak ya…

Penulis Dr. Madeleine Ramdhani Jasin, Sp.A

Ikatan Dokter Anak Indonesia

  • By admin
  • 21 Juli 2018
  • 17

Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru


DIREKTUR MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH PEJABAT FUNGSIONAL RSUD WONOSARI

Direktur RSUD Wonosari dr. Heru Sulistyowati,Sp.A, Kamis  (6/9) kembali melantik…

SOSIALISASI PROGRAM RUJUK BALIK ( PRB )

RSUD Wonosari hari ini, 23/8,kembali mengadakan temu pelanggan dg nara…

Bupati Gunungkidul Hadiri Donor Darah Massal di RSUD Wonosari.

Bupati Gunungkidul (15/8) menghadiri donor darah massal yg diselenggarakan oleh…

Sosialisasi Pendaftaran Online

Sosialisasi metode pendaftaran online "PATHILO" di poliklinik (depan poli kulit),…

KAPAN RAMBUT BAYI HARUS DICUKUR?

Salah satu kebiasaan yang melekat di masyarakat Indonesia saat…