• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

LAYANAN UNGGULAN DI RSUD WONOSARI


Berdasarkan SK Direktur RSUD Wonosari No 229/KPTS/2018 tentang Penetapan Layanan Unggulan di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari, ada beberapa layanan unggulan :

1. Pelayanan Obstetrik Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK)

Pengertian : Ponek adalah pelayanan obstetrik Neonatal Emergensi Komprehesif. 

Tujuan : Mampu menyelamatkan ibu dan anak baru lahir melalui program rujukan berencana dalam satu wilayah kabupaten/kota atau propinsi. 

Jenis Layanan : 

a. Stabilisasi di IGD dan persiapan untuk pengobatan definitif

b. Penanganan kasus gawat darurat oleh Tim PONEK Rumah Sakit di Ruang Tindakan

c. Penanganan Operatif cepat dan tepat  mrliputi laparotomi, dan seksio sesarea

d. Perawatan Intensif ibu dan bayi

e. Pelayanan Asuhan Antenatal Resiko tinggi

2. Trauma Center

Pengertian : Trauma center adalah sebuah fasilitas pelayanan kesehatan yang khusus menangani pasien trauma di Rumah Sakit, pelayanan tersebut dilakukan oleh beberapa dokter ahli seperti dokter ahli bedah, dokter anestesi serta perawat khusus dan menyediakan peralatan  pendukung hidup  lanjut secara cepat yang siap dalam 24 jam. 
Tujuan : 

a. Dengan adanya keberadaan rumah sakit Trauma Center akan lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan jika sedang mengalami kecelakaan lalu lintas meningkat, banyak pekerjaan yang beresiko tinggi, serta kondisi geografis  yang sulit.

b.Sementara itu, tujuan dari trauma center adalah untuk memudahkan peserta yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja untuk mendapatkan pelayanan dari rumah sakit.
c. Jenis Layanan
1. Menyelenggarakan pelayanan medis  gawat darurat secara komprehensif untuk pasien yang mengalami trauma berat atau luka berat yang siap 24 jam sehari.
2. Menyelenggarakan fasilitas lain terkait dengan pelayanan IGD meliputi penunjang diagnostik 24 jam, intensive care, ruang operasi dan rawat inap dengan Standart Prosedur Operasional (SPO) yang terintegrasi satu sama lain.

3. Menyelenggarakan perlindungan dan pemulihan psikososial  bagi korban yang mengalami trauma dan permasalahan psikososial lainnya. 

(UPKRS)

  • By admin
  • 21 Juni 2019
  • 17