• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

KLINIK GERIATRI BUKA SETIAP HARI RABU


          RSUD Wonosari mulai membuka klinik Geriatri, yaitu setiap hari Rabu. Klinik Geriatri adalah klinik yang diperuntukkan bagi Lansia ( Lanjut Usia) 60 tahun ke atas. Menurut Permenkes Nomor 79 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Geriatri di Rumah Sakit , Geriatri adalah   cabang disiplin ilmu kedokteran yang mempelajari aspek kesehatan dan kedokteran pada warga Lanjut Usia termasuk pelayanan kesehatan kepada Lanjut Usia dengan mengkaji semua aspek kesehatan berupa promosi, pencegahan, diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi.
          Sedangkan Pasien Geriatri adalah pasien Lanjut Usia dengan multi penyakit dan/atau gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara terpadu dengan pendekatan multidisiplin yang bekerja secara Interdisiplin. 

          Pelayanan Geriatri diberikan kepada pasien Lanjut Usia dengan kriteria:

a. memiliki lebih dari 1 (satu) penyakit fisik dan/atau psikis; atau

b. memiliki 1 (satu) penyakit dan mengalami gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Selain pasien Lanjut Usia , pelayanan Geriatri juga diberikan kepada pasien dengan usia 70 (tujuh puluh) tahun ke atas yang memiliki 1 (satu) penyakit fisik dan/atau psikis. Pelayanan Geriatri  dilaksanakan secara terpadu dengan pendekatan Multidisiplin yang bekerja secara Interdisiplin.

          Menurut Kristya Suryani, S.Kep, perawat ahli di klinik Geriatri, screening awal yang dilakukan terhadap pasien Geriatri di RSUD Wonosari  adalah Berat badan, Tinggi badan, IMT, tekanan darah , Kebiasaan BAB , BAK dll. Karena dokter spesialis Geriatri belum ada, maka dokter konsulen yang ada adalah dokter spesialis penyakit dalam, dr. Eko Darmawan, Sp.PD. 

          Harapannya dengan pembukaan Klinik Geriatri ini akan semakin meningkatkan pelayanan ke masyarakat Gunungkidul dan tentunya akan semakin meningkatkan keselamatan pasien. 

(UPKRS)

  • By admin
  • 15 Mei 2019
  • 17

Komentar

Tulis Komentar