• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

KEGIATAN AUDIT MATERNAL PERINATAL (AMP) DI AULA AMARILIS


       


Kegiatan Audit Maternal Perinatal (AMP) adalah  Strategi menurunkan angka kesakitan dan kematian maternal dan perinatal sekaligus  menjadi sarana audit kualitas pelayanan medik dan sarana prasarana. Tujuan umum Kegiatan Audit Maternal Perinatal (AMP) adalah meningkatkan mutu pelayanan KIA (Kesehatan Ibu Anak)  di seluruh kabupaten/kota sehingga akan  mempercepat penurunan angka kematian ibu dan perinatal. Sedangkan secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pembahasan analitik mengenai kasus kebidanan dan perinatal secara teratur dan berkesinambungan, menentukan intervensi  untuk mengatasi masalah-masalah yang ditemukan dalam mengatasi kasus dan mengembangkan mekanisme koordinasi antara pihak terkait. Pembahasan analitik itu dimulai pada saat perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan berakhir pada  evaluasi terhadap intervensi yang disepakati. 


Jadi dalam bahasa yang lebih mudah difahami, Audit Maternal Perinatal (AMP) adalah  suatu kegiatan untuk menelusuri kembali sebab kesakitan dan kematian ibu dan perinatal dengan tujuan agar tak terjadi lagi di kemudian hari. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa kegiatan AMP adalah strategi menurunkan angka kesakitan dan kematian maternal dan perinatal, yang akan bermanfaat sebagai sarana mengaudit kualitas pelayanan medis dan sarana prasarana. Sehingga pada akhirnya kegiatan AMP akan meningkatkan  mutu pelayanan KIA di seluruh kabupaten Gunungkidul. 

Jumat (22/2) Kegiatan Audit Maternal Perinatal (AMP) dilakukan di Aula Amarilis RSUD Wonosari. Kegiatan AMP adalah  salah satu bagian dalam program Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) RSUD Wonosari. RSUD Wonosari sebagai Rumah Sakit siap PONEK di Wilayah Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan Audit Maternal Perinatal (AMP) setiap tiga bulan sekali atau saat  insidental artinya saat terjadi kasus maternal perinatal yang penting untuk dibahas. Kali ini  membahas adanya kasus kematian ibu dan bayi, kasus near miss atau kasus maternal perinatal lain yang menyangkut keselamatan pasien. Seperti kita ketahui , RSUD Wonosari telah menetapkan adanya tim Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) dan tim Audit Maternal Perinatal (AMP) yang diketuai oleh dr. Achmad Suparmono, SpOG. Tim ini berada dibawah bimbingan dari bagian Pelayanan Medis dan Keperawatan yang dikepalai oleh dr. Triyani Heny Astuti.

Sebagai narasumber kali ini adalah dr. Widodo Joko Santoso SpOG selaku Dokter Penanggung Jawab kasus yang dibahas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh dr Heru Sulistyowati, SpA selaku direktur RSUD Wonosari, Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan, Tim PONEK RSUD Wonosari, Tim AMP RSUD Wonosari, Tim Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) dan unit-unit lain yang terkait. Pada kesempatan itu, dr Heru Sulistyowati, SpA  menyampaikan  bahwa kegiatan Audit Maternal Perinatal (AMP) bukan untuk mencari kesalahan namun untuk mencari solusi dan masukan agar pelayanan menjadi lebih baik. 

(UPKRS)
 

  • By admin
  • 23 Februari 2019
  • 17

Komentar

http://site1729.vzshop.info 01 Maret 2019

whoah this blog is magnificent i love reading your articles. Keep up the good work! You know, a lot of people are searching around for this information, you can aid them greatly.

Tulis Komentar

Berita Terbaru


UPKRS ADAKAN EDUKASI KESEHATAN KE SMA 2 WONOSARI

Salah satu sasaran Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS) sesuai Permenkes…

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENGADAAN PEGAWAI NON PNS RSUD Wonosari Tahun 2019

Pengumuman hasil seleksi administrasi pengadaan pegawai Non PNS di lingkungan…

HUT PPNI KE-45 DI PARKIR RSUD WONOSARI

Sejarah perawat Indonesia tak dapat dipisahkan dalam sejarah berdirinya Republik…

PROGRAM PELATIHAN PONEK UNTUK UNTUK MENGHADAPI RUJUKAN YANG MENINGKAT

RSUD Wonosari merupakan Rumah Sakit penyedia layanan PONEK (Pelayanan Obstetri…

PENGADAAN PEGAWAI NON PNS RSUD Wonosari Tahun 2019

RSUD Wonosari membuka kesempatan bagi semua warga negara yang memenuhi…