• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

GEDOR RASULAN , GERAKAN DONOR DARAH SUKARELAWAN KUMPULKAN 105 KANTONG DARAH


Gedor Rasulan atau Gerakan Donor Darah Sukarelawan adalah sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya di RSUD Wonosari. Gerakan ini dibuat oleh RSUD Wonosari bekerjasama dengan PMI cabang Gunungkidul. Gedor Rasulan diselenggarakan setiap tiga bulan sekali, biasanya pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. 

Aksi sosial ini  , selain membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI juga mendorong gaya hidup sehat masyarakat melalui donor darah. Tujuan utama kegiatan sosial ini adalah meningkatkan kesadaran pentingnya melakukan donor darah. Tujuan lainnya, adalah membantu Palang Merah Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak stok darah dan mendorong gaya hidup sehat bahwa mendonorkan darah secara teratur itu penting karena membuat orang menjadi lebih sehat.

Aksi Gedor Rasulan kembali dilakukan pada Rabu (6/2) di Aula Amarilis RSUD Wonosari.  Meskipun, dari 116  pendaftar akhirnya hanya 105 orang yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya. Adapun syarat pendonor darah adalah sehat jasmani rohani, berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 50 kg, Kadar Hb darah  12,5 sd 17,8 dan jarak dengan donor darah sebelumnya 60 hari. 

Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, karena belum tentu tersedia darah di PMI (Palang Merah Indonesia) untuk semua jenis golongan darah. Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar hingga usai sehingga  dapat memberikan dampak positif bagi semua pihak.

 

(pkrs)

  • By admin
  • 07 Februari 2019
  • 17

Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru


TIPS PENGHINDARAN PENCETUS ALERGI

Kalau anak-anak Ayah dan Bunda pernah didiagnosis memiliki asma atau…

ORIENTASI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL RSUD WONOSARI

Pada awal tahun 2019 ini, Senin (18/2) menjadi momentum…

UNIT PKRS KUNJUNGI KOMUNITAS PWRI WONOSARI DUA (SIRAMAN, WARENG,PIYAMAN)

Edukasi  kesehatan ke Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI)  Kota Wonosari ternyata…

EDUKASI KESEHATAN JIWA PADA KOMUNITAS PWRI WONOSARI

Hari ini (15/2) kembali Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (UPKRS)…

UNIVERSITAS RESPATI LAKUKAN OBSERVASI LAPANGAN MATA KULIAH DIETETIKA PENYAKIT DEGENERATIF

Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengikuti Kepaniteraan Gizi Klinik II pada…