• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

EDUKASI KELOMPOK TENTANG ASI PERAH DI RUANG MELATI


Pengetahuan tentang ASI perah bagi masyarakat perlu diedukasikan. Publik masih banyak yang belum tau tentang manfaat ASI perah bagi ibu yang bekerja di sektor non formal, misalnya petani dan pedagang. Dari hasil pre test bagi ibu-ibu yang melahirkan di ruang melati diketahui lebih dari 50 persen belum memahami manfaat ASI perah dan bagaimana praktek ASI perah. 
Hari ini Senin (09/09) diadakan edukasi kelompok tentang ASI perah di ruang Melati atau ruang perinatal. Pesertanya adalah para ibu yang sedang melahirkan di ruang Melati. Edukatornya adalah dr. Tri Kusuma Wijayanti dari IGD dan Ambar Sakti Sukmaningrum,AMd. Gizi. Dalam edukasinya dr. Tri menyampaikan prosedur atau tata cara memeras ASI . Sementara Ambar Sakti S, AMd. Gizi menerangkan tentang Cara Menyusui yang benar. 

Sebelumnya dilakukan Pretest untuk mengetahu sejauhmana kemampuan atau pengetahuan para ibu. Setelah diedukasi kemudian diberikan posttest untuk mengetahui kenaikan pengetahuan para ibu. Dari hasil rekap pre test dan post test terjadi peningkatan yang sinifikant. Artinya edukasi seperti ini sangat membantu meningkatkan pengetahuan para ibu tentang ASI perah. 

Promosi Kesehatan secara masif dan progresif diperlukan kepada pengunjung rumah sakit baik pasien,keluarga pasien, pengantar pasien  maupun yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk merubah perilaku masyarakat dari perilaku yang kurang sehat ke perilaku yang sehat. Dalam jangka panjang akan mampu mengurangi biaya "kuratif" sehingga biaya kesehatan bagi warga negara indonesia akan menurun. 

                              



(UPKRS)

  • By admin
  • 09 September 2019
  • 17

Komentar

Tulis Komentar

Berita Terbaru


APA ITU PENYAKIT GANGGUAN MENTAL ?

Bapak Ibu pembaca Website RSUD Wonosari, berikut akan kami ulas…

RSUD WONOSARI BENTUK PETUGAS ARSIP UNIT

Arsip merupakan pusat ingatan setiap organisasi, apabila arsip yang dimiliki…

EDUKASI KELOMPOK HAND HYGIENE DI RUANG CEMPAKA

Salah satu upaya untuk mencegah penyakit adalah dengan melakukan promosi…

EDUKASI KELOMPOK TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR

Kelompok Lansia  Persadia binaan  RSUD Wonosari, hari ini Jumat (20/9)…

BERKEBAYA DAN BERBLANGKON DI HARI KAMIS PAHING UPAYA MENINGKATKAN KETAHANAN BUDAYA DAERAH DAN NASIONAL

Kebudayaaan  berasal dari kata budi dan daya.Artinya adalah sebuah kegiatan…